Tugas 1 Ekologi

Upaya Konservasi Burung di Gunung Pancar

Burung, sebagaimana manusia merupakan salah satu komponen ekosistem yang penting dan perlu dijaga kelestariannya. Salah satu hal yang perlu diupayakan untuk menjaga kelestarian kelas hewan ini adalah dengan menyediakan cukup lingkungan hijau untuk mereka tempati dan mereka jadikan sumber bahan makanan. Sayangnya, dalam pelaksanaan pembangunan suatu kota, kadang pihak pengembang maupun pemerintah melakukan kesalahan dengan tidak memperhitungkan secara tepat langkah apa yang harus diambil untuk menjaga keseimbangan lingkungan agar tidak mengganggu keberadaan hewan liar termasuk burung. Bahkan, ada kalanya hal ini tidak dipertimbangkan sama sekali karena tidak dianggap penting dan tidak bernilai ekonomi.

Dalam contoh kasus di Gunung Pancar, kita dapat melihat suatu upaya konservasi burung melalui pemetaan pola keterkaitan antara berbagai tumbuhan dan keberadaan burung-burung tertentu. Secara teknis, peneliti melakukannya dengan pencarian komposisi dan struktur tegakan pohon, memantau jenis dan gerak-gerik burung di pohon-pohon tertentu, serta memetakan posisi kawasan lindung tersebut. Tidaklah aneh jika konservasi pada burung dilakukan melalui pendekatan seperti ini. Burung, sebagaimana makhluk hidup lainnya membutuhkan tempat tinggal yang cocok untuk kehidupannya.

Penelitian yang dilakukan di wilayah Perhutani Gunung Pancar Kabupaten Bogor (300-800 m dpl) dengan luas l.k. 200 ha ini telah dilakukan selama 1 tahun. Tim peneliti yang melakukan pemetaan tergabung di Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Berdasarkan hasil penelitian, sejauh ini telah diidentifikasi 150 jenis tumbuhan, dengan 50 jenis di antaranya tumbuhan hutan dan sekitar 31 jenis burung. Delapan jenis burung diantaranya teridentifikasi persarangannya di sana.

Setelah beberapa dekade ini pembangunan tak ramah lingkungan marak terjadi, kini kesadaran akan nilai penting kelestarian lingkungan mulai tumbuh. Bedasarkan data Burung Indonesia, mulai muncul pengembang perumahan yang berkonsultasi mengenai cara mendatangkan berbagai jenis burung di kawasan hijau. Hal ini bisa dikatakan membuktikan bahwa kepentingan ekologis tak selamanya bertentangan dengan kepentingan ekonomis. Inilah fokus pascapenelitian yang harus lebih digali. Bagaimanapun juga, peran serta pengembang dan masyarakat merupakan poin penting dalam upaya konservasi selain dukungan dari pemerintah. Karena kegiatan konservasi yang baik bukanlah upaya sepihak dari peneliti atau akademisi semata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: